September 23, 2015

BEIJING: MUTIANYU

Tembok China merupakan tempat wisata paling diminati saat berpergian ke China. Bahkan terdapat istilah, "Belum pergi ke China, jika belum mengunjungi Tembok China." Tembok China berupa tembok panjang yang membentang di China bagian utara, dahulu digunakan sebagai tembok pertahanan kedinastian China terhadap suku barbar yang tinggal di utara. Wilayah yang digunakan untuk mendirikan tembol ini pun beragam, dari daratan rendah hingga diatas pegunungan.

Terdapat tiga wilayah paling dekat dari Beijing, untuk melancong ke tembok China; Badaling, 八达岭; Mutianyu, 慕田峪; dam Jinshanling, 金山岭. Badaling merupakan tempat paling dekat, dan paling ramai turis. Lokasinya sangat mudah dicapai. Mutianyu berupa daratan tinggi, Tembok China pada wilayah ini dibagun diatas perbukitan.

Lokasi Mutianyu sedikit jauh dan sulit dijangkau, jika ingin pergi ke lokasi ini, lebih baik bergabung rombongan turis yang banyak ditawarkan oleh hotel setempat. Kurang lebih berkendara dengan bus sejam hingga dua jam. Kelebihannya, tentu saja tidak begitu ramai, selain itu dengan lokasi yang berada di atas pegunungan, pemandangan yang diberikan pun lebih indah.

Di Mutianyu, terdapat dua cara untuk mencapai tembok China; pertama, menggunakan kereta gantung; dan kedua, mendaki melalui jalur yang tersedia. Keduanya sama menariknya, dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


 
 Tempat awal untuk menyurusi Tembok China dan beberapa kali harus berhenti karena kelelahan


Berbeda dengan Badaling, Tembok China di Mutianyu tidak menyediakan McD atau Starbucks. Jadi pastikan membawa air minum saat hendak mendaki. Tentu saja ada beberapa pedagang asongan yang menawarkan air minum, tapi harganya bisa dua hingga tiga kali lipat. 

Untuk turun dari Tembok China terdapat tiga cara; pertama, dengan kereta gantung; kedua, menuruni melalui jalur yang ada; dan ketiga, menaiki papan yang meluncur. Saya merekomendasikan untuk ikut cara ketiga. Cara ini sangat menyenangkan, perorangan akan menaiki sebuah papan luncur yang dapat dikendalikan secara individual, meluncur cepat atau mengerem. Lintasannya sengaja dibuat berbelok-belok, ada pula yang terjal, secara singkat menyenangkan!! 


Bagian ujung dan paling atas di Mutianyu

No comments:

Post a Comment